SastraHolic

Menunggu Keputusan Tarif Baru Trasnportasi DKI Amburadul

Posted on: Mei 29, 2008

Situasi transportasi di Jakarta kini kacau balau. Banyak yang mogok dan banyak pula yang menaikan tari secara sepihak. Akibatnya tidak sedikit warga yang beraktifitas baik untuk bekerja, sekolah atau keperluan lain terlantar di jalanan.Sebagian warga terpaksa jalan kaki ketempat tujuan karena tidak ada angkutan umum yang melayani. Ada taksi uang tak cukup. Ada ojek juga menaikan tariff yang menguras kantong.

Disana sini, tidak sedikit penumpang bertengkar dengan sopir atau kenek karena tarifnya melonjak tinggi. Warga bertahan dengan tariff lama karena belum ada keputusan dari Gubenur DKI. Disisi lain, pelajar berebut naik truck yang lewat, mereka tak peduli bahaya berlarian di jalanan nan padat memburu truck yang melaju.Alasan sopir yang ogah narik karena jika meniakan tarif sepihak sama dengan melanggar aturan.

Resiko melanggar aturan kalau sampai tertanggap polisi atau petuga Dinas Perhubungan, izin trayek bakal dicabut.Kekacauan seperti ini biang keroknya adalah kenaikan harga bahan baker minyak, premium yang menjadi Rp 6.000/liter dan solar Rp 5.500/liter pastilah membuat biaya operasional membengkak. Apalagi jika dikait-kaitkan dengan suku cadang sampai sembako dan uang makan.Banyak sopir angkutan menaikan tariff secara sepihak atau mogok karena belum ada keputusan tarif baru dari Pemda DKI Jakarta dengan Organda. Pemda mematok kenaikan maksimal 15% sedang Organda meminta 50%. Pertemuan pun tak menghasilkan apa-apa karena saling bertahan. Karena pertemuan tak menghasilkan keputusan, kekacauan transportasi di Jakarta pun terus berlanjut.

Semestinya, sebagai ibukota Negara dan menyandang daerah khusus hal seperti ini tidaklah terjadi. Membiarkan kondisi transportasi amburadul seperti ini. Membiarkan penumpang dan sopir terus bertengkar. Membiarkan pemogokan berlangsung. Membiarkan pelajar memburu bahaya memburu truck yang lewat. Terkesan Jakarta tak pantas menjadi kota metropolitan. Apalagi kota megapolitan. Malulah dengan sejumlah daerah yang cekatan dalam mengambil keputusan.

Oleh karena itu, cepatlah pemda DKI mengambil keputusan tentang tariff baru angkutan umum. Masyarakat pasti paham bahwa tariff memang harus naik. Harapannya, Organda dan Pemda DKI sama-sama duduk dengan berpikir demi pelayanan masyrakat. Kenaikan tarif terlalu mahal tentu sangat memberatkan masyarakat, naiklah secara wajar dengan barometer awak angkutan bias pulang membawa uang untuk keluarganya, masyarakat pun demikian, penghasilannya tidak habis hanya untuk biaya transportasi.

3 Tanggapan to "Menunggu Keputusan Tarif Baru Trasnportasi DKI Amburadul"

Haduhhhh I’m speechless… terlalu banyak keterpurukan…….
btw thax ya dah mampir, Terusin menulis tentang sastranya.. Aku bakal balik mbaca satu demi satu (belajar lagi)….Aku suka sastra namun blum bnyak tahu.
Oya Blognya Ta’ link, thax.. keep in touch….

Semoga gak banyak naeknya yah… kasihan penumpangnya🙂

BBM naik, susu tak terbeli. Itu kata Iwan False yang lagunya akhir2 ini sering terdengar di radio2. Padahal ya… susu mah cuma penyempurna aja. Yg pokok mah ya nasi atuh. Makanya ongkos angkutan jangan naik tinggi2, kasihan rakyat nanti ga kebeli nasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Indonesia Bisa

Bannerku

Picisan Merangkai Kata

Anda Pengunjung ke

Demi Massa

Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Aku seperti majnun dengan kemiskinan hatiku, yang telah tiada berdahan karena aku tidak punya kekuatan untuk memperebutkan cinta Tuhan Di setiap siang dan malam aku berusaha untuk membebaskan diriku Dari kungkungan rantai cinta yang telah lama memenjarakanku

Blog Stats

  • 299,086 hits

Arsip

Suported By
Dari Santri Untuk Indonesia
eramuslim
Munajahku
Blognya Pecinta Sastra
Suara Konsumen
Jakarta Baycity
Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik
Jakarta Baycity
GrowUrl.com - growing your website

RSS TARUMA

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Saatnya Menatap Dunia

Klik tertinggi

  • Tak ada
ping me to technorati
website stats
Bangkit Basmi Korupsi

Poling Bulan Ini

%d blogger menyukai ini: