SastraHolic

Solutif dan Konstruktif “Harusnya Kita Bersikap”

Posted on: Mei 28, 2008

Warga tuntu BLTRakyat kini makin dipusingkan menghadapi imbas kenaikan BBM. Mereka tentu tidak ingin melihat persoalan ini tambah runyam akibat aksi-aksi demonstrasi yang menjurus pada kekerasan. Setiap aksi masa tentu sangat rawan bentrokan, apalagi jika memang ada pihak-pihak ketiga yang mencoba memeancing di air keruh.
Sekarang ini, berharap kepada pemerintah untuk bersedia menarik kembali kebijakannya tentu sangat tidak mungkin. Berkeluh kesah, memprotes dan melawan kebijakan itu juga rasanya tak mungkin karena justru menimbulakan gejolak-gejolak baru. Ini bukan persoalan kalah menang atau protes diprotes. Namun dibalik kebijakan kenaikan harga BBM beserta segala fenomena imbasnya, ada persoalan bangsa yang tetap nyata.
Tengok saja sekarang ini, harga-harga kebutuhan pokok sudah mengalami kenaikan. Tariff angkutan umumpun berancang-ancang lebih mahal. Buruh-buruh terancam Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat efisiensi sector industri yang dipicu kenaikan ongkos produksi sebagai imbas melambungnya harga BBM. Rakyat yang frustasi akibat himpitan ekonomi ada yang kemudian menjadi pencuri. Sebagian lain ada yang nekad mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Kehidupan mereka di negeri ini semakin bikin ngeri. Lalu apa yang harus kita lakukan???
Semua elemen bangsa (termasuk mahasiswa) kini dituntut untuk lebih bijak dan tak mengedepankan emosi dalam menghadapi situasi yang makin sulit ini. Pejabatnya perlu mawas diri memberi contoh sikap yang baik. Mereka wajib untuk menjadi motor terdepan dalam menunjukan kesederhanaan, bukan malah bermewah-mewah menikmati fasilitas yang masih bergelimang, rakyat juga perlu bersikap mawas diri, tidak mudah dikompori, dan dapat menyalurkan aspirasi lewat cara-cara yang sopan, tertib dan elegan. Itu semua dibutuhkan agar suasana kebersamaan dalam berbangsa dan bernegara tetap kondusif.
Ingat, kenaikan harga BBM yang oleh pemerintah dianggap salah satu cara survive di era krisis ekonomi dunia ini hanyalah satu dari sederet masalah-masalah yang lain di negeri ini. Tentu kita menginginkan satu masalah diselesaikan dengan tuntas sebelum kemudian menyentuh permasalahan yang lain, jika tidak, yang terjadi justru satu masalah akan menimbulkan masalah yang lain. Disinilah, sangat penting bagi semua elemen bangsa untuk selalu mengedepankan sikap solutif dan kontruktif di setiap menyampaikan aspirasinya

4 Tanggapan to "Solutif dan Konstruktif “Harusnya Kita Bersikap”"

Semoga Indonesia segera menemukan titik terang. Kasing wong cilik.

Jadi salah ketik deh.
Maksudnya kasian wong cilik.
Salam kenal

Wew,,, pemerintah sekarang jadinya subsidi orang bukan subsidi barang….

Mudah2an pelajar juga disubsidi…😀

Met kenal..

No comment…
Btw. Display name-nya dilink to blog jadi memudahkan pengunjung masuk ya… thax

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Indonesia Bisa

Bannerku

Picisan Merangkai Kata

Anda Pengunjung ke

Demi Massa

Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Aku seperti majnun dengan kemiskinan hatiku, yang telah tiada berdahan karena aku tidak punya kekuatan untuk memperebutkan cinta Tuhan Di setiap siang dan malam aku berusaha untuk membebaskan diriku Dari kungkungan rantai cinta yang telah lama memenjarakanku

Blog Stats

  • 299,086 hits

Arsip

Suported By
Dari Santri Untuk Indonesia
eramuslim
Munajahku
Blognya Pecinta Sastra
Suara Konsumen
Jakarta Baycity
Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik
Jakarta Baycity
GrowUrl.com - growing your website

RSS TARUMA

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Saatnya Menatap Dunia

Klik tertinggi

  • Tak ada
ping me to technorati
website stats
Bangkit Basmi Korupsi

Poling Bulan Ini

%d blogger menyukai ini: