SastraHolic

Peneliti BBM Menghilang Dua Pekan

Posted on: Mei 24, 2008

Temukan Energi Berbahan Baku Air
JAKARTA, BPOST – Era bahan bakar minyak (BBM) segera berakhir. Dalam situasi harga minyak dunia terus melangit, peneliti di Indonesia telah menemukan energi alternatif berbahan baku air.

Joko Suprapto, alumnus Teknik Elektro Universitas Gajah Mada (UGM) menemukan energi berbasis air yang disebut blue energy. Dia menemukan energi bahan bakar air di laboratoriumnya di Ngadiboyo, Rejoso, Nganjuk, Jatim pada 2007 lalu.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengapresiasinya dengan dengan menjadikannya bahan bakar empat unit mobil dalam ekspedisi Jakarta-Bali menjelang United Nation Framework Conference on Climate Change (UNFCCC) Desember 2007 di Bali.

Ekspedisi yang diberangkatkan oleh Presiden Yudhoyono dari Puri Cikeas Indah pada 26 November sukses tiba di Bali pada 3 Desember 2007.

Temuan ini rencananya diproduksi massal dengan kapasitas produksi 10 liter per detik atau setara dengan 5 ribu barel per hari. Sebuah pabrik untuk memproduksi blue energy sudah disiapkan di Bogor.

Teknologi Blue Energy temuan Joko prinsipnya menyediakan listrik yang murah untuk memproses air sebagai bahan bakar.

Cara kerjanya memecah molekul air menjadi H (+) dan O2 (-) dengan bantuan katalis-katalis dan proses tertentu sampai menjadi bahan bakar dengan jumlah ikatan karbon tertentu. Sehingga, blue energy bisa dijadikan bahan bakar alternatif pengganti solar, bensin, avtur, maupun minyak tanah.

Selain Joko Suprapto, temuan energi dengan bahan air juga dikembangkan oleh tim peneliti dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil temuan yang kemudian dinamanakan Banyugeni itu sukses dalam ujicoba kendaraan bermotor, pesawat aeromodeling, kompor dan lampu minyak.

Rencananya Blue energy akan bisa dinikmati masyarakat umum sekitar April 2008 lalu dengan harga jual sekitar Rp 3 ribu per liter. Namun, hingga kini bahan bakar berbasis air itu belum terlihat di pasaran.

Hilang

Pemerintah pun telah menaikkan harga BBM bersubsidi terhitung mulai pukul 00.00 WIB, Sabtu (24/5).

Joko Suprapto sendiri dikabarkan hampir dua pekan tidak berada di kediamannya di Nganjuk. Baru pada Jumat kemarin dia kembali ke rumahnya.

“Seorang kawan saya, intelijen TNI mendapatkan informasi Joko berada di Jepang. Apakah dia melarikan diri atau diculik pihak Jepang, ini belum pasti,” ujar sumber BPost, kemarin.

Guru Besar Universitas Gadjah Mada, Prof Damarjati Supadjar, mengaku cukup dekat dengan para peneliti termasuk Joko Suprapto. Dia pun mengaku mendengar kabar soal menghilangnya Joko namun tak mengetahui motif di balik itu semua.

“Bisa diculik, atau menghindar karena beban. Sebab mungkin sudah mendapat dana dari kanan kiri. Atau dibawa ke Jepang untuk mengurus hak paten internasional yang dicari ke Jepang. Informasi yang saya dapat, untuk mengurus hak paten ini sudah habis Rp 450 juta, tapi tanda-tanda kejelasannya belum ada,” ungkapnya.

Diincar China

Penuturan Damarjati Supadjar makin kuat karena seorang penemu bahan bakar berbahan baku plankton yang dinamai Bahan Bakar Nusantara asal Yogyakarta, Adji Koesoemo (42) juga pernah didatangi seorang anggota tentara pemerintah China, Maret 2008 lalu.

“Saya pernah didatangi seorang tentara China berpangkat kolonel. Saat itu dia diantar Pak Damarjati Supadjar. Setelah melihat temuan bahan bakar saya, dia mengajak saya ke China dan akan diberi fasilitas serta temuan saya akan dipakai,” kata Adji, salah satu cicit Hamengkubuwono VII.

Selain China, sebut dia, tawaran juga datang dari Jepang. “Tapi yang menarik ajakan dari China ini. Dia mengajak. Tapi kalau tidak mau, saya akan diculik,” ucap Adji.

Meski diakuinya, kolonel China itu mengucapkan ancaman dalam suasana bercanda, namun Adji merasa khawatir. Apalagi, ada kejadian yang menyebut Joko Suprapto, rekannya sesama penemu bahan bakar alternatif menghilang beberapa hari.

Terkait kabar yang menimpa Joko Suprapto, Kapolri Jenderal Sutanto membantah isu yang menyebut Joko Suprapto, hilang. Menurutnya, Joko sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

“Siapa bilang hilang. Kalau hilang pasti keluarganya sudah melapor. Sampai sekarang tidak ada laporan dari keluarganya. Cek deh yang bener ke rumahnya, ada atau tidak. Atau mungkin lagi ditempat tertentu,” kata Kapolri di Mabes Polri, kemarin.

Jumat malam, Joko akhirnya muncul menemui wartawan. Dia mengatakan tidak pernah diculik. “Saya hanya menenangkan diri sambil menyusun strategi dan mencari dana karena proyek ini masih membutuhkan dana,” kata Joko. Saat diwawancarai pers, wajah Joko terlihat pucat.

Dia pun meminta maaf kepada Presiden Yudhoyono. “Saya ingin minta maaf pada presiden karena timing yang kita janjikan belum bisa tepat waktu. Namun hubungan saya dengan Bapak Presiden baik-baik saja tidak ada masalah,” ujarnya.

NASA

Pusat Antariksa Amerika Serikat (NASA, Red) ternyata sudah sejak tahun 1960 mengembangkan energi alternatif berbasis air. Para astronot sudah tidak asing lagi dengan bahan bakar berbasis reaksi kimia hidrogen dan oksigen. Mereka telah menggunakan bahan bakar itu pada kendaraan antariksa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Indonesia Bisa

Bannerku

Picisan Merangkai Kata

Anda Pengunjung ke

Demi Massa

Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Aku seperti majnun dengan kemiskinan hatiku, yang telah tiada berdahan karena aku tidak punya kekuatan untuk memperebutkan cinta Tuhan Di setiap siang dan malam aku berusaha untuk membebaskan diriku Dari kungkungan rantai cinta yang telah lama memenjarakanku

Blog Stats

  • 299,086 hits

Arsip

Suported By
Dari Santri Untuk Indonesia
eramuslim
Munajahku
Blognya Pecinta Sastra
Suara Konsumen
Jakarta Baycity
Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik
Jakarta Baycity
GrowUrl.com - growing your website

RSS TARUMA

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Saatnya Menatap Dunia

Klik tertinggi

  • Tak ada
ping me to technorati
website stats
Bangkit Basmi Korupsi

Poling Bulan Ini

%d blogger menyukai ini: